Berdagang Adalah Contoh Pekerjaan Yang Dilakukan Lakukan Nabi

Semua manusia terlahir sebagai juara, maka tak di pungkiri manusia terlahir sebagai makhluk yang sempurna. Setelah semakin besar dan dewasa, tentu iman dan taqwa yang harus di jaga, serta mental sebagai pemenang dengan terus mengikhtiarkan hal yang positif lagi berkah serta Allah ridhai.

Sobat sekalian yang di sayang Allah, perhatikanlah sekelilingmu, dari pagi meraja hingga malam nan sepi, berapa banyakkah pedagang yang lewat di depan rumahmu? Tentu tidak sedikit bukan?

                            (gambar viva muslim)
Apakah dagangannya selalu laku dan laris sehingga setiap hari selalu menyapa telingamu dengan khas jualannya? Tidak sobat, dagangan yang laku dan laris hanyalah bonus dari iman dan taqwanya yang ia wujudkan melalui ikhtiar nyata, berjualan.

Pernah aku sapa seorang bapak pedangang yang senantiasa lewat di depan rumah, beliau berjualan batere jam dan remot, setiap hari beliau selalu lewat dengan berjalan kaki. Dengan tas selempang ala pekerja namun sudah terlihat lusuh. Beliau dengan suara lantang terus berjalan menjajakan dagangannya.

"Pak, berapa kilo setiap hari bapak berjalan untuk berdagang?" tanyaku.

"Jauh neng, sampe ke ujung jalan sono. Terus sore mah balik lagi", ujarnya.

"Jauh juga ya pak, perapa rupiah kira-kira perhari yang bapak dapatkan?" tanyaku kembali.

"Yah neng, namanya juga jualan, apalagi kayak bapak cuma jualan batere jam sama remot, bukan pokok pembeliannya orang lah, ya kadang dapet, kadang enggak. Ya itung-itung olahraga sambil terus pancang niat nafkahin keluarga, pan bapak kepala keluarga, jadi ya harus tanggungjawab lah", ujarnya dengan logat betawi yang kental.

Nah sobat dari kisah diatas, aku ingin mengajak kalian untuk lebih peduli, pada pedagang yang lewat di rumah kita setiap harinya. Tidak salah memang beli di pasar atau toko bahkan swalayan. Tapi tak ada salahnya pula tuk betbagi rezeki kan.

(potret kompas)

Mumpung sudah baca, sudah tau apa realitanya,  yuk bantu saudara-saudari kita dalam menafkahkan keluarganya namun tetap berusaha pantang menyerah di balik keterbatasannya. Semoga setelah baca ini kita makin tersadar untuk tidak hidup individual dan pas ada tukang dagang lewat dan kebetulan kita butuh dagangannya tuk sehari-hari, maka sok atuh dibeli!

0 Response to "Berdagang Adalah Contoh Pekerjaan Yang Dilakukan Lakukan Nabi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel