Nikah jadi Kaya



Kita tidak akan pernah siap menjadi orang tua, bahkan tidak akan pernah siap menjadi istri atau suami.
Semua rasa siap itu hanya fatamorgana ketika kita merasa sudah punya banyak hal yang kita anggap sebagai syarat untuk menjadi orang tua atau pasangan. Bagi yang berpikir dirinya siap, belum tentu sebenarnya siap. Ketika yang merasa tidak siap, bisa jadi dia yang sesungguhnya sudah mampu.
Maka yang terpenting adalah bagaimana proses persiapan itu sendiri. Sahabat, tidak perlu punya banyak tabungan atau hafidz 30 juz untuk menjadi ayah, ataupun tidak melulu harus menguasai ilmu psikologi anak untuk menjadi ayah kok.
Tetapi, perlu ilmu dan syarat-syarat yang “cukup”. Ya… cukup pemahaman terhadap orang lain, cukup perjuangan untuk mengusahakan materi, cukup persiapan ilmunya, cukup kasih sayang untuk mencintai anak kecil, cukup ilmu agama agar si anak ini mudah belajar agama di rumah. Segala yang cukup, sebagai langkah awal untuk menjadi seorang ayah.
Sahabat, taukah kamu bahwa “cukup” pun subyektif? Misal, cukup menurutku belum tentu cukup menurut orang lain. Kalau syarat menjadi orang tua bagiku harus cukup ilmu agamanya, barangkali bagi orang lain tidak. Kalau untuk orang lain cukup uang adalah syarat menjadi pasangan,  buatku yang penting cukup perjuangan mencari rezeki.
Maka setelah cukup, kita akan belajar sesuai keadaan. Kita akan menyesuaikan diri dengan kenyataan. Kita akan lebih banyak belajar hingga kemudian kesiapan kita terus meningkat. Hingga anak-anak kita tidak sia-sia punya orang tua macam kita.

Yang menilai kita sudah cukup atau belum, adalah diri sendiri.
Biasanya nih, aku mengevaluasi diri dengan bertanya seperti ini, “Kalau aku menjadi bayi, maukah aku punya ayah (bagi yang lelaki) semacam diriku? Kalau aku jadi lelaki, maukah aku punya ayah semacam diriku?
Ya… begitulah sahabat. Maka, selamat mempersiapkan kecukupan.

Maka dari itu, sahabat segeralah cari.. Jodoh itu Usaha. jika tidak Usaha kapan akan dapat Jodoh…

0 Response to "Nikah jadi Kaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel