Mau Tau Bagaimana Kami Blusukan? Pengabdian Masyarakat Jawabanya ''Rully''

MAU TAU BAGAIMANA KAMI (MAHASISWA) BLUSUKAN ?
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT JAWABANNYA

Apa yang kamu ketahui dengan kata Mahasiswa, yapp, seorang pemuda yang ingin melanjutkan sekolahnya yang lebih tinggi untuk mendalami ilmu yang ingin dituntutnya, tapi jangan menuntut ilmu yaa karena ilmu gak salah apa-apa kok, jadi jangan selalu menuntut yaa, apalagi dilaporkan ke MK.
Mahasiswa kerap sekali dikatakan sebagai Agen of Chage yaitu agen perubahan, dimana seorang mahasiswa harus dapat memberikan perubahan atau mengembangkan ilmunya apa-apa yang didapatkan selama duduk di perkuliahan, jadi sekali lagi ilmu jangan di tuntut karena dia gak salah apa-apa, hehe, tapi diaplikasikan kepada masyarakat untuk memajukan bangsa sesuai dengan keahlian dan jurusan kamu masing-masing.

                   


Selama perkuliahan pasti pernah mendengarkan istilah KUPU-KUPU (kuliah-pulang), KURA-KURA (kuliah-rapat), KUNANG-KUNANG (kuliah-nangkring), kira-kira dari mana istilah itu berasal ya...., istilah ini berasal dari mahasiswa dari kebiasaannya sehari-hari, kupu-kupu ialah istilah dari kuliah pulang-kuliah pulang karena kebiasaan ini banyak dilakukan mahasiswa karena mereka tidak ingin melakukan kegiatan lain selain belajar tok doangk atau melakukan hal lain yang menghabiskan waktunya untuk kesenangan yang hanya bersifat sementara, memang belajar tidak ada salahnya akan tetapi jika belajar tidak di iringi dengan kegiatan lain maka hasil pembelajaran tidak akan ada manfaatnya jika kamu tidak mengajarkan kepada orang lain atau mengaplikasikannya kekehidupan sehari-hari, ibaratnya sebatang pohon yang tiada buahnya jika ada buahnya akan tetapi tidak manis dimakan oleh orang lain, kura-kura adalah istilah kuliah-rapat, yang sebagian mahasiswa melaluinya dengan berorganisasi, selanjutnya kunang-kunang yang diartikan kuliah-nangkring, mahasiswa yang seperti ini yang harus kamu hindari, bukan tidak boleh, tetapi carilah kegiatan yang bermanfaat pastinya, lantas di posisi manakah kamu berada? Intinya hanya kamu sendri yang mengetahuinya.

Kalian tau Tri Dharma Perguruan Tinggi ?, kebanyakan mahasiswa tidak mengetahui apa itu tri dharma perguruan tinggi hingga ia wisuda, disini izinkan saya menjelaskan apa itu tri dharma perguruan tinggi. Tri Dharma perguruan tinggi merupakan visi dan misi setiap kampus untuk mencapai tujuan yang sangat mendasar sebagai pencetak manusia yang berprofesional, pemikirian yang kritis, mandiri, inovatif dsb. Maka untuk pencapaian suatu visi dan misi perguruan itu dipertanggungjawabkan setiap elemen kampus mulai dari dosen, bahan ajar, fasilitas kampus, pelayanan, dan yang pastinya mahasiswa itu sendiri. Tri Dharma perguruan tinggi mempunyai tiga poin yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan dan yang terakhir pengabdian kepada masyarakat yang akan menjadi topik pembahasan kali ini.

Setelah wisuda kebanyakan dari kita berfikiran dapat ijazah, cari kerja, menikah, dapat istri cantik, beli mobil, beli rumah mewah dan lain-lain, aduuh lari nya kemana inihh, hehe, pastinya semua orang menginginkan itu semua, tapi ternyata tidak itu guys, tidak ada yang salah untuk itu semua akan tetapi ada yang kita lewati sebagai mahasiswa itu sendiri yaitu mengabdi kepada masyarakat.

Lantas apa hubungan dengan tridharma perguruan tinggi bagi saya, toh ternyata nantinya saya bekerja nanti tidak perlu itu, oppp,, priiiit kartu kuning, kenapa penulis memberikan kartu kuning, hanya untuk memberikan peringatan bagi yang belum mengetahuinya, sebenarnya dalam bekerja nantinya kamu akan berhadapan dengan masyarakat yang ada disekitarmu, kamu tidak akan bisa bekerja sendiri, pastinya kamu akan bekerja dengan orang lain dan membutuhkan bantuan orang lain. Kamu tidak akan mungkin tidak berkomunikasi, bekerja dalam tim, membuat rancangan kerja, analisa pekerjaan hingga memberdayakan kemampuan orang lain dengan berbagai bidang yang bukan bidang kita kerjakan, maka dari itu semua kita butuh latihan dari sekarang untuk mempersiapkannya dari sekarang sebelum itu terlambat, memang sihh tidak ada kata terlambat untuk belajar akan tetapi kamu tidak mungkin dong menyia-nyiankan masa mudamu begitu saja tanpa ada melakukan apapun yang bermanfaat bagi dirisendiri dan orang lain setuju gak, udaahh setuju aja.

Sekarang pertanyaannya adalah kenapa kita harus mengabdi kepada masyarakat ?, apa yang harus saya lakukan ?, apa yang harus saya lakukan agar yang saya lakukan ini tidak sendiri ?, bagaimana saya melakukan kegiatan pengabdian agar bermanfaat bagi orang lain ?, ada sejuta pertanyaan yang ingin kita pertanyaan jika kita berfikir ketika kita memiliki jiwa sosial yang tingi, yapp, pertanyaan yang bagus sekali, padahal ada beberapa pertanyaan tuhh, dibilang sejuta dan juga gk ada yang bertanya tuhh ckckck, hehe.

                  

Penulis, sebelumnya telah menjelaskan tentang bagaimana mendapatkan IPK tinggi walaupun kesibukan disana sini, dan untuk hal itu semua haruslah punya manajemen waktu yang baik, jika ada kesempatan lain kita akan membahas manajemen waktu, sehingga dapat kita kerjakan sesuai dengan waktu yang telah kita tentukan sendiri mulai dari bangun tidur, mandi, pergi kuliah, bikin tugas, rapat organisasi, istirahat hingga hiburan secukupnya untuk refreshing dan tidak lupa untuk mengasah diri dalam kajian kerohanian agar keimanan tetap terjaga untuk mendapatkan ridho-Nya, agar yang kita lakukan dapat bernilai ibadah dan bermanfaat bagi orang lain.

Disini izinkan saya menggunakan kata aku/saya sebagai pengganti kata penulis, biar lebih akrab gitu lohh dan biar gak kaku atau berat amat bacaannya, biar kesannya ada interaksi antara penulis dan pembaca, hehe. aku memiliki berbagai macam organisasi yang ku emban dalam perkuliahan, sebenarnya dulu beranggapan ingin mencari jati diri untuk mengetahui dimana letak minat dan bakat ku berada, dari organisasi dakwah, penelitian, politik, sosial, olah raga, sains, aku lahap semua, ternyata aku hanya cocok diberbagai bidang yakni organisasi dakwah untuk menambah ruhiyah diri dan keimanan, sosial, sebagai bentuk kesolidan kebersamaan dalam bersosialisasi, penelitian, sebagai melatih diri untuk selalu mencari solusi perkembangan baru dari bidang teknologi, karena saya jurusan teknik dan olah raga sebagai pembangkit diri dari kemalasan dengan mengarahkan olahraga ke pertahanan dan pembelaan diri pada Taekwondo.

Kembali pada pertanyaan yang diatas apa jawabannya, pada pembahasan kali ini tentunya pembaca ingin mengetahui bagaimana sebaiknya dalam pengabdian kepada masyarakat, sebelum itu mari kita bahas tentang organisasi apa yang harus diikuti selama pengabdian, selama perkuliahan rata-rata visi dan misi mereka larinya kepengabdian kepada masyarakat disini saya akan membahas pengalaman pribadi, harapannya para pembaca dapat menilai sendiri dari pengalaman yang tidak dibuat-buat ini dengan sedikit bumbu penyedap agar enak dibaca, kalau gak enak pura-pura enak aja yaa, emangnya makan yaah, pengalaman itu semua selama perkuliahan di kota Padang tercita, kubela dan ku jaga, eittss itu hanya semboyan kota padang, jangan berfikiran yang lain yaa.

                   

Selama perkuliahan aku memiliki dan masuk kedalam organisasi yang berhubungan dengan sosial tetapi organisasinya tidak didalam kampus, melainkan organisasi diluar kampus seperti organisasi NGO (Non Goverment Organisation) alias organisasi diluar kepemerintahan, kenapa saya memilih oraganisasi NGO, beberapa buku yang saya baca tentang golongan darah, yang mengatakan golongan yang berdarah O itu suka bersosialisasi, hmmm, iya kali yaa, saya juga merasakan seperti itu, abaikan kembali pembahasannya, tidak hanya itu organisasi luar kampus kamu akan mendapatkan temen-temen baru yang berada luar kampus mu, mungkin bisa lebih dari itu, jika organisasi NGO memiliki regional-regional yang ada diseluruh Indonesia, keren gak tuhh, jadi kamu gk bakalan sendirian, kamu memiliki visi dan misi yang sama pada temen-temen yang diluar sana untuk memajukan bangsa, bahkan kamu sendiri bisa mewujudkan dari ide kamu sendiri untuk mewujudkan dalam pengabdian kepada masyarakat.

Organisasi apa yang saya ikuti dalam bidang sosial, tidak banyak melainkan hanya beberapa yaitu salah satunya yang faforit adalah ACIKITA PADANG (Aku Cinta Indonesia Kita), yang selalu hangat dalam persaudaraan hingga seperti punya keluarga kedua, eitts tapi jangan sampai ada keluarga dalam keluarga ya, nanti ituu, ACIKITA bergerak dalam bidang sosial, ekonomi dan pendidikan, selanjutnya IPTECH SUMBAR (Inovasi Peneliti dan Technopreneur), IPTECH sendiri bergerak dalam bidang teknologi kerakyatan, dengan berbagai penelitian kamu akan di pengabdiankan dalam masyarakat tentunya, selanjutnya ada I-YES PADANG (Indonesian-Youth Educate and Sosial), yang bergerak dalam bidang pendidikan dan sosial, selanjutnya FLP Padang (Forum Lingkar Pena) bergerak dalam bidang kepenulisan, kamu akan dilatih bagaimana menulis dengan baik dari narasi, cerpen hingga novel. Banyak yang lain lagi tetapi tidak harus semua kita ikuti tetapi harus fokus dengan organisasi salah satunya, dimana kesalahan saya adalah mengembani antara keempatnya sekaligus, terkadang membagi waktunya agak kewalahan tetapi tetap dalam manajemen waktu untuk mengaturnya terkadang sering betrok pada saat rapat dan bikin acara, yang seperti itu tidak menjadikan rekomendasi bagi pembaca, khususnya mahasiswa cukup satu akan tetapi fokuskan disana dan jadilah yang terbaik disana. Oragnisasi diatas dapat menjadi pilihan temen-temen untuk bergabung dalam mewujudkan pengabdiannya dalam kemasyarakatan.

Apa manfaat mengabdi ?, selain kamu mendapatkan pengalaman dan menuangkan ilmu kamu pada orang lain, kamu akan mendapatkan kenalan dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari RT/RW, Lurah, Kepala Desa, Walikota, hingga Gubernur atau anak gadisnya pak gubernur, ehh lohh, gagal fokus, kembali kepembahasan, kok bisa... karena disana kita akan belajar bagaimana untuk merealisasikan dan mensosialisasikan kegiatan kita dihadapan publik, hingga jika kegiatan kita angkatkan menarik perhatian mereka, mereka tidak segan-segan untuk mendanai atau mensupport kegiatan kita.

Capek... memang capek, keluar uang saku untuk mengangkatkan agenda... sudah jelas, waktu kita menjadi padat untuk mengurus orang lain... pastinya, kerja diluar kegiatan kampus bahkan tidak digaji sepeserpun oleh organisasi... sudah pasti itu, lantas kenapa mereka masih melakukan itu semua, sedangkan dari fisik dan materil sangat merugikan mereka dengan bertahun-tahun lamanya hingga ia wisuda, jawabannya adalah mereka sudah yakin bahwa tidak ada yang lebih baik dari saling tolong-menolong antar sesama saling bahu-membahu untuk memajukan bangsa kita tercinta, karena ketika mereka tersenyum dan senang apa yang kita kerjakan maka disanalah ada nilai yang tak terhitung oleh angka hingga kesyukuran yang membuat kita mengetahui betapa kebesaran Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat yang tak hingga bagi kita yang akan Allah SWT balas dengan surga-NyaInsyallah.

Masih beranggapan mengabdi itu membuang-buang waktu?, ya, kita buang waktu itu untuk yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, ingatlah waktu itu dapat kita kelompokkan 2 hal, ketika kita disibukkan dengan hal yang baik maka itu akan manjadi baik, maka sebaliknya jika kita disibukkan dengan hal yang tidak baik dan tidak bermanfaat apapun itu maka itu akan menjadi tidak baik. So apa yang kamu tunggu lagi?.

Saya dapat kabar bahwa ada beberapa beasiswa yang mensyaratkan harus mengikuti kegiatan atau berkecimpung dalam bentuk kegiatan sosial untuk mendapatkannya, karena pihak pemberi beasiswa ingin melihat kesungguhan kita dalam konstribusi kita terhadap negara, jadi masihkah bersifat tidak peduli dengan lingkungan sekitar mu?, ayoo, kamu adalah orang pembawa perubahan, perubahan yang lebih baik, lebih baik dari sekarang.

Satu lagi yang akan menjadi pertimbangan yang tidak kalah pentingnya adalah, sekarang IPK tidak lagi sebagai tolak ukur untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, jika kamu lulusan D3 atau S1 atau bahkan lebih dari itu, pakai tanda kutip, kamu pasti tau itu maksudnya apa, melainkan bagaimana kamu bisa berkomunikasi dengan baik, baik itu berkomunikasi didepan kelompok maupun di depan umum, lalu apa lagi, yaitu bekerja dalam tim, kamu tidak akan bekerja sendirian, selanjutnya kamu di tuntut untuk bekerja dibawah tekanan, jika kamu tidak dilatih dari sekarang, keadaan yang mendadak tidak akan bisa kamu lewati dan menyelesaikan dengan tepat dan akurat.

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan dalam pembahasan kali ini semoga dari paparan yang sederhana ini dapat memicu teman-teman mahasiswa khususnya, untuk dapat mengabdikan dirinya kedunia pengabdian kepada masyarakat, dan ketika kamu terinspirasi dengan tulisan apa adanya ini dengan banyak ceplas-ceplos dimana-mana beri tahu kesiapa saja dan dunia bahwa kita telah mengabdikan diri ini untuk bangsa kita yaitu Indonesia, sekian. 

Wassalamualaikumwarahmatullahiwabbbarakatuh....

0 Response to "Mau Tau Bagaimana Kami Blusukan? Pengabdian Masyarakat Jawabanya ''Rully''"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel